Ada Masanya Menulis Harus Dipaksa


Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 36            : Rabu, 01 Juli  2020
Waktu                          : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri                     : Freewriting: teknik menulis cepat tanpa hambatan
Topik                           : M. Firman Suwarya
Peresume                    : Nanda Candra Kirana, S.Pd


Ada kalanya malas menghinggapi saat kita menulis. Kejenuhan dan rutinitas merupakan faktor umum yang menundang malas. Pak M. Firman Suwarya sebagai pemateri malam tadi memberikan tantangan kepada seluruh peserta untuk bisa menghasilkan karya tulis 5 lembar tiap harinya. Berikut penuturan beliau.
Secara umum memang menulis sebanyak 5 halaman itu memutuhkan waktu berjam-jam belum lagi nanti efeknya ketemu dengan rasa bosan yg membelenggu..

Insya Allah saya sangat yakin seluruh peserta dari grup 1 hingga 12 insya Allah pasti sanggup
bahaya penyakit ini adalah biasanya diaawali menyerang ke pikiran, cirinya tiba-tiba ide2 yang kita punya hilang entah kemana..

lalu bingung harus nulis apa lagi, puyeng, dan sederet saudara-saudaranya....hehe..

terkadang saat malas menghinggapi, ketika mau nulis lagi, tiba-tiba mendadak mendapatkan ide yang baru.

sejak mengenal FreeWriting, saya terbebas dari hal2 tsb, 
walau tidak langsung begitu keluar dan lolos dari penyakit2 yng menimpa seorang penulis...
Lalu bagaimana memhami dan menerapkan Freewriting ini..?

 saya buatkan ilustrasi sederhana seperti ini..

bapak-ibu akan melalukan ujian, misal dulu UJIAN NASIONAL atau ujian pegawai, atau ujian2 lainnya yang sangat menentukan. 

Ujian itu akan dimulai dari pukul 07.00 sampai dengan 09.00 
selama 120 menit atau 2 jam dan bapak ibu harus segera datang tepat waktu agar bisa menyelsaikan ujian itu dengan baik, benar, dan yakin..

dari 50 soal yang diberikan.. namun, entah apa yang terjadi,tidak sedikitpun dibaayangkan sebelumnya.. dan tidak terpikir dan seterusnya, 

tiba-tiba saat menuju ke sekolah atau tempat tes ujian bapak ibu, jalanan macet total...!! sehingga memakan hampir 1 jam dari durasi tes ujian bapak ibu...kira-kira dalam kondisi seperti itu apa yang bapak ibu lakukan, ?

YA BETUUUUUL

NGEBUUUUT

bapak ibu harus ngebut mengisi soal ujian itu karena kejar-kejaran dengan waktu...Itulah bapak-ibu gambaran singkat tentang Freewriting.

hasil tulisan yg berkualitas atau kurang berkualitas biasanya, bisa ditentukan dari faktor ide yg muncul..

jika ide yg muncul bagus dan berkualitas, lalu lanjut dengan outline yg berkulaitas, maka hasil tulisan juga akan tidak jauh dari situ, yaitu bagus dan berkualitas..

dalam prakteknya menulis berkualitas terkadang menuntuk kita agar mengikuti, mematuhi dan lain-lain sebelum tulisan itu selesai ditulis...

sehingga tulisan kita akhirnya tidak bisa kelar atau selesai...nah dengan freewriting ini akan mujarab menjawab atau solusi itu. Adapun misal ada yg kurang enak, atau sekiranya kuran pas dll, nanti bisa di lanjut pada tahap editing..cek dan ricek..

jangan memanfaatkan waktu luang!!

tapi kita harus meluagkan waktu.. yang kita memungkinkan untuk itu dilaksanakn secara kontinyu terus menerus..ga usah lama-lama, misal 30 sampai 60 menit setiap harinya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

JALAN KEHIDUPAN