Strategi Bertahan di Tengah COVID-19
Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 35 :
Senin, 29 Juni 2020
Waktu :
Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri : Dra. Betti Risnalenni, MM
Topik : Mengelola Sekolah di Era Covid-19
Peresume :
Nanda Candra Kirana, S.Pd
Di tengah krisis saat ini tentu harus banyak strategi
yang kita miliki untuk bertahan. Kali ini dalam pelatihan menulis bersama Om
Jay, kami mendapatkan kesempatan mendengar cerita dan pengalaman seorang
pendidik yang luar biasa untuk tetap menghidupkan pendidikan di tengah wabah
yang mengancam. Berikut ini kutipannya :
saya mulai membuat sekolah tahun 2003. dan
sampai sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD.
Sebenarnya manfaat yang dapat kita raih
dari membuat sekolah itu bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat.
Saya bisa jadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara
interpreuner tingkat jawa barat untuk kalangan guru paud.
Selama Daring materi tidak hanya pelajaran
saja tapi kami juga menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan karakter )
Alhamdulillah masih berhasil walau untuk
tingkat KB dan TK sudah mulai bosan. Mereka pengen ketemu gurunya.
Selama Daring materi tidak hanya pelajaran
saja tapi kami juga menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan karakter )
Pertanyaan 1
Saya siti Nurbaya Az, SE
Karimun, Kepri.
Salam hormat dan salut buat ibu Betti, bu
saya punya cucu yang di TK sejak covid-19
tugas banyak melalui Hp, yang menjadi masalah cucu saja jadi keranjingan
bermaih hp. bagaimana solusinya. Terima
kasih, Gelombang 12. Wassalam.
jadi guru dan orang tua harus bisa
bekerjasama dalam waktu memegang hp. guru itu lebih dipatuhi daripada orang
tua. jadi guru membantu memberi tau anak bahwa megang hp itu hanya selama
berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit.
di alarm .
saya juga mempublikasikan lewat instagram
apa yang menjadi tugas mereka. jadi anak anak juga senang. bisa dilihat di IG
insankamil. bekasi
Pertanyaan 2
Assalamu"alaikum ibu selamat malam.
nama saya Adi dari tangerang Banten. apakah izin untuk mendirikan sekolah
sangat sulit bu? terima kasih🙂
sebenarnya tidak pak.
kalau bapak ingin membuat sekolah harus
ijin RT, RW dulu. Kalau untuk ijin ke disdik ya harus ada murid dulu supaya
tidak fiktif.
Nanti setelah memasukan proposal ke disdik
nanti akan ada uji dari berbagai bidang tingkat wilayah kita . ( kota / kab ).
Pertanyaan 3
Selamat malam Ibu Betti, semoga tetap
menginspirasi kami, perkenalkan saya bu
sri budiarti, dari gel. 12 mau bertanya:
Selama kurang lebih 17 tahun mengembangkan
sekolah prinsip apa yang ibu pegang sehingga ibu berhasil survive mengubah
sekolah rintisan menjadi sekolah yang diminati banyak siswa
Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali
tantangan. Untuk bisa survive kita memang harus sering menghitung pemasukan dan
pengeluaran. minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit
tujuannya. tapi kita jangan nombok juga. nanti kita tidak semangat dalam
bekerja .
Pertanyaan 4
Slm mlm ibu fatimah, modertr hbttt, I
Nengah Suradnya dr Bali glmbng 12, mhn ijin bertanya sm Ibu Beti narsum luar
biasa, mhn ibu sharing Bagaimn awal mula memulai ibu mendirikan KB, TK dan SD
dan sejauh mana perjuangn ibu sampi terwujud itu semua?
Awalnya saya tahun 1996 membuat kursus
aritmatika pak. 6 bulan buka, muridnya cuma 3 orang. tapi saya bertahan. tahun
1998 saya membuat buku sendiri dengan harga 10 rb, cabang saya di bekasi aja
ada 24 cabang. dan salah satu cabang saya ada yg ingin membuka TK. Dan saya
diajak kerjasama karena saya sudah punya yayasan. awalnya saya takut untuk buka
sekolah. Karena desakan teman saya itu, saya akhirnya mau bekerjasama dengan
mengontrak sebuah rumah. . 3 bulan berjalan teman saya mundur karena dia
merasakan rugi. buat saya itu ga bisa. makanya akhirnya saya teruskan sendiri.
1 tahun ngontrak , ada rezeki dan ada yg jual / Over rumah, akhirnya beli. Kita
mulai dari rumah itu dan saya didukung oleh perumahahan tersebut. Supportnya
yaitu masuk ke dalam kalender perumahan. lumayan promosi bareng
Pertanyaan 5
: Assalamualaikum Wr.Wb. Sangat hebat sekali
kisah dari bu Betti. Sangat menginspirasi. Pertanyaan saya, apakah pembelajaran
Tatap muka di tahun ajaran baru sudah di lakukan? karena di Lebak masih belum
boleh bu. Bagaimana menghilangkan rasa kekhawatiran orang tua tentang virus
corona. AAM NURHASANAH, LEBAK- BANTEN
Kalau di bekasi, sekolah boleh mengajukan
ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan
program. itu juga dinilai dulu. tidak langsung boleh buka. tapi daerah saya sih
zona hijau. saya juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. kalau ok, ya bisa
tatap muka. kalau belum ok ya PJJ lagi.
Pertanyaan 6
Saya Watik sugiati gel 11. Ibu Betti .
Bagaimana caranya menyampaikan pembelajaran ke orang tua dan peserta didik TK. Melalui daring .
Untuk peserta didik baru yang belum kita
kenal . Langsung daring utk th ajaran 2020- 2021. Bagaimana cara sarungnya .
Apa yg harus dikenalkan yg pokok
Saya kan belum dapat surat ijin nya ya bu /
pak. Tapi untuk murid yang belum kenal kita sudah adakan pertemuan akhir tahun
ajaran lalu. sekitar pertengah juni. anak anak kita mulai dengan cara foto
dengan lingkungan sekolah. Terus kita kasi mainan edukatif. jadi mereka senang
dan sudah pengenalan dengan calon gurunya..
Pertanyaan 7
Selamat malam 🙏 saya Mahayu dari
Bali. Saya mau bertanya kepada Ibu
Betty. Apa motivasi awal Ibu mendirikan
sekolah di Bekasi? Terima kasih
Awalnya saya pengen anak yang ekonominya
minim bisa bersekolah di tempat yang bagus. Motivasi saya adalah prinsip ini.
Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu
biasa. tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa. itulah
yang saya lakukan di insan kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free.
saya tidak pernah , mereka harus bawa SKTM . karena sebenarnya tidak ada orang
yang mau disebut miskin. kalau yg mampu sih bayar normal..
Pertanyaan 8
Saya suheli dari Brebes- Jateng gelombang
11. Mau bertanya : kebetulan saya juga punya lembaga PAUD KB ibu, banyak
kendala yg sy hadapi : a) susahnya mencari tenaga pengajar b) memberikan
pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka beranggapan kl KB dulu
anak akan terlalu lama di PAUD, penginnya langsung TK, 2 tahun langsung ke SD
shgg muridnya sedikit; c) pembiayaan rendah dan banyak kendala..
Bagaimana cara/solusi ibu menghadapi kasus
seperti yg saya hadapi..
ya memang mencari guru itu gampang gampang
susah. Kebetulan kan anak saya sarjana psikologi, jadi kita sering mengadakan
acara parenting . Narsum nya bisa saya, teman saya, anak saya atau teman anak
saya. Jd sosialisasi tentang keorang tuaan dan masalah anak bisa kita
bicarakan. Sekolah saya sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang
lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita.
Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa
lomba anak, bisa lomba orang tua.
Pertanyaan 9
Asw Bu, saya Candra dr MTsN 1 Langkat
Sumatera Utara, izin bertanya Bu...mnrt ibu untuk peserta didik KB, TK dan SD
apa efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring selama 3
blm yg lalu? Dan apa strategi ibu untuk mengurangi efek negatif itu ?
Terimakasih ibu
Kalau untuk pembelajaran Daring untuk anak
KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi saya lebih memberikan kegiatan
yang membuat mereka senang .
contohnya membuat kue
Pertanyaan10
Assalamualaikum wr wb... Nama Sunaryo, dri
Berau, Kaltim, psrta Gel.11
Salut dg niatan Ibu, mendirikan sekolah yg bagus tp bs dinikmati
oleh smua. Pertanyaan saya:
1.Sbg pendiri skolah tentu byk tahu ttg
seluk beluk & prosedur pendirian. Mhn bs berbgi cara/prosedur utk
mendirikan skolah & apa kendala2 yg ibu hadapi ?
2.Apa saja persyaratan yg diperlukan ?
3.Kemana saja perijinan tsb hrs
diurus/dilakukan ?
4.Brp lama biasanya urusan tsb slsai &
mndpt ijin pendirian skolah ?
Terimakasih
1. Banyak sih kendalanya tapi kalau
keinginan kita kuat in syaa Allah bisa kita atasi.
2. Langkah pertama , ijin warga . 100 tanda
tangan. ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut
ke disdik kota. Jaman saya, di sidangkan di tingkat kotamadya. Dan perlu tanah
untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2
3. itu udah saya terangkan di no 2
4. ga lama kok kalau sudah lengkap semua.
oh ya harus punya akte yayasan yang sampai
KemHumkam
Pertanyaan 11
Assalamu'alaikum
Salam kenal bu
Saya Titin dari Subang
Ijin bertanya
1.Bagaimana Tips ibu dpt mengelolah tiga
lembaga sekaligus KB-TK-SD?
2.Terutama dlm menejemen keuangan saat
pandemik ini, kebetulan kami jg sekolah swasta?
3.Apa sj program karakter yg ada di sekolah
ibu?
Terimakasih🙏
Tipsnya :
1. Jaga kesolid an dalam sekolah itu
sendiri.
-
Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.
- Sering pantau dengan sharing. ( di
sekolah saya setiap senin setelah pulang siswa )
2. Saya pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh
dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus
lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan .. jadi ortu tidak
terbebani tp kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan.
3. Salaman , hafalan juz 30 , hadist dan surat2
pendek, menjaga kebersihan, wirausaha.
Komentar
Posting Komentar