MAAF DARI RUNDAYANI

 

MAAF DARI RUNDAYANI

Nanda Candra Kirana Silitonga

 

Ruqos menatap kepergian Rundayani. Air matanya masih terus jatuh. Putrinya menggenggam erat tangannya.

 

“Kita nggak ikut ibu, Ayah?” Tanya putrinya yang menangis keras.

****

“Aku hanya menagih janjimu, Bang” Ujar Rundayani bernada tinggi.

 

“Bersabarlah, Dik. Aku pasti penuhi janjiku” Jawab Ruqos sambil masih berbaring sambil sesekali menghisap rokok.

 

Rundayani kembali ke dapur. Ia lanjutkan merebus ubi yang ia pinta dari tetangga. Sudah hampir sebulan hanya ubi yang menjadi hidangan meja makan.

 

“Ubi lagi, Bu?” Putri kecilnya duduk di samping Rundayani yang sedang meniup perapian.

 

“Iya, Nak. Ndak apa-apa kan?” Ucap Rundayani sambil tersenyum berat.

****

“Kalau memang abang tak mau mencari pekerjaan. Biar aku saja yang pergi, Bang” Rundayani menatap tajam suaminya.

 

Ruqos hanya terdiam sambil terus memejamkan mata. Tapi Rundayani tahu kalau dia tidak tidur.

 

Kali ini Rundayani bergerak menuju belakang rumahnya. Ia lanjutkan menjemur pakaian yang baru selesai ia cuci.

 

“Abang pergi” Ruqos berjalan keluar dari pintu belakang.

 

“Abang mau kemana?”

 

“Terserah aku”

****

“Maafkan aku, Dik” Hanya itu yang bisa diucapkan Ruqos sambil memegang tangan Rundayani yang terbaring lemah.

 

“Aku juga minta maaf, Bang. Aku belum bisa jadi istri yang baik untuk abang” Ujar Rundayani terbata-bata.

 

“Abang yang salah, Dik. Maafkan abang” Kini Ruqos menciumi tangan istrinya.

 

“Kenapa bisa begitu kondisi Rundayani?” Tanya Randok pada tetangganya Dindin.

 

Mereka tepat berdiri di belakang Ruqos yang sedang meminta maaf pada Rundayani.

“Selingkuhan Ruqos tadi datang bawa makanan yang sudah diracuni. Katanya dia saudara jauh Ruqos. Dia beri makanan itu ke Rundayani. Tanpa curiga ditelannya” Jelas Dindin panjang lebar.

 

“Udah kumaafkan abang. Jaga anak kita baik-baik ya, Bang” Ucap Rundayani sesaat sebelum ia ditandu ke dalam mobil ambulan untuk dibawa ke rumah sakit.

 

Langkat, 08 Juni 2022

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

DARI PTK KE MEDIA CETAK