MENULIS KARENA JATUH CINTA PADA “PUISI MBLING”

 

MENULIS KARENA JATUH CINTA PADA “PUISI MBLING

Nanda Candra Kirana Silitonga

 

Saya sangat setuju dengan ungkapan, “Penulis yang baik adalah pembaca yang baik”. Sebab, saya pribadi tertarik untuk menulis karena membaca. Saya sangat suka membaca karya-karya sastra. Itu pulalah yang menstimulus untuk menulis.

Pada awal belajar menulis, saya berusaha untuk melahirkan tulisan yang sama persis dengan beberapa karya yang sangat saya gandrungi. Sebut saja puisi-puisi Taufik Ismail, Gus Sholeh, dan Remy Sylado.

Untuk Taufik Ismail dan Gus Sholeh, nuansa relijius sering saya temukan walau banyak juga karya mereka yang bernuansa sosial. Pada karya kedua maestro ini, saya sebagai alumnus pondok pesantren menemukan wadah untuk mengilustrasikan rasa dan pemikiran. Dengan membaca karya m,ereka saya semakin berani dan tenggelam dalam dekapan cinta puisi-puisi Jalaludin Rumi.

Saat duduk di bangku kuliah, saya kembali jatuh hati pada karya sastra nyentrik; puisi-puisi karya Remy Sylado. Puisi-puisi beliau sangat bebas, sangat dekat, dan sangat nikmat menurut saya. Sebagai seseorang yang masih baru menulis. Pada karya beliau saya rasakan hilangnya regulasi-regulasi yang menurut saya sangat mengganggu penulis-penulis pemula. Puisi-puisinya seakan berbisik, “Sudahhh..Jangan lama mikir. Tulis saja!”.

Penulis bernama asli Yapi Panda Abdiel Tambayong ini, memberikan pandangan baru tentang arti menulis. Bahkan menurut saya, banyak pesan tulisan beliau yang hanya bisa dimengerti oleh beliau sendiri. Maka akan lahir multi tafsir bila orang-orang mencoba menafsirkannya. Puisi-puisi beliau dikenal dengan nama “Puisi Mbling”.

Dari situ, saya mulai menggandrungi menulis puisi. Puisi-puisi yang jauh dari diksi indah ataupun majas-majas yang baik. Saya menulis apa saja dan begitu saja.

Saya pun mulai membiasakan diri untuk menulis setiap hari.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

DARI PTK KE MEDIA CETAK