Kaji Strategi Pemasaran Buku Anda Bersama Agus Subardana
STRATEGI PEMASARAN BUKU
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor Mikro , yaitu
perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.
Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi
Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,
dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua
strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A.
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
a. Pemasaran buku lewat
Online
Saat ini yang sedang ngetren dan gencar di dunia maya
yaitu Strategi Pemasaran yang banyak di pakai oleh setiap orang yang sudah
mengerti teknologi internet yaitu berpromosi lewat Online melalui website dan
media sosial lainya. Kalau kita sudah mempunyai produk buku yang jenis
katagorinya banyak maka langkah awal
kita harus buat website. Katakanlah
website merupakan markas besar untuk sebuah bisnis penjualan buku. Dengan
mempunyai website ini kita dapat merencanakan promosi dalam melancarkan
penjualan buku. Dan website tersebut akan banyak kita isi produk, harga,
promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus
proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-
Menyebarkan informasi
produk secara masif kepada target pasar potensial
-
Mendapatkan konsumen baru
dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-
Menjaga kesetabilan
penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-
Menaikan penjualan dan
profit
-
Membandingkan dan keunggulan
produk dibandingkan dengan pesaing
-
Membentuk citra produk
dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-
Mengubah tingkah laku ,
persepsi dan pendapat konsumen
Media Online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan
penjualan buku yaitu sudah tidak asing lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat
telepon, w.a, sms, email, dll.
b. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai
dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah
jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan
lewat komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan
komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
B.
Strategi pemasaran buku serangan Darat
Untuk menguasai
seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d
Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin
percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia.
Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku
Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini
dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan
tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung
Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi
mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem
centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan
mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional
biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur
distribusi oleh para Penerbit buku
dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang
perlu kita lakukan , antara lain :
-
Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-
Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-
Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
-
Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
-
Dan masih
banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Direkselling ini kita petakan berdasarkan
jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat
Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-
Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
-
Buku Teks
Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-
Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai
Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan
tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target
sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
-
Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
-
Kunjungan
langsung ke setiap kampus
-
Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
-
Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event
seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan
sebagainya.
Demikian yang
dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak
lagi strategi pemasaran buku yang belum kami sampaikan , di lain waktu kita
lanjutkan strategi pemasaran buku selanjutnya Terimakasih
Komentar
Posting Komentar