TAHU APA YANG DIBUTUH, TAHU JUGA BAGAIMANA MENYAMPAIKANNYA DI DALAM BUKU








Menulis dan Membuat Buku Digital
                Hal pertama yang seseorang harus lakukan bila ingin menjadi penulis adalah menulis. Banyak media yang saat ini bisa kita jadikan sebagai sarana untuk membiasakan diri kita kerajingan menulis. Pak Onno W Purbo secara detail menjelaskan bagaimana ia menggunakan media Wiki untuk menulis, tidak sampai disitu, beliau juga menunjukkan bahwa dengan sering menulis, kemungkinan untuk menerbitkan buku saat besar.
                Beliau juga beberkan tentang bagaimana seharusnya seorang penulis mampu meyakinkan penerbit untuk menerbitkan bukunya. Hal unik yang disampikan beliau berkenaan dengan ini ialah bahwa penerbit hanya akan menerbitkan buku yang laku. Bagus tidaknya sebuah buku belum tentu menjadi faktor utama diterbitkannya sebuah buku. Personal branded seorang penulis dan genre buku yang ditawarkan menjadi dua hal utama bagi penerbit untuk mengangguk sebagai tanda setuju bahwa sebuah buku layak diterbitkan.
                Seorang penulis yang sudah dikenal oleh masyarakat, bukunya selalu dinanti. Tentu akan menjadi pertimbanagn besar penerbit secara komersial untuk menerbitkan buku penulis tersebut. Pasarnya jelas dan berimbas kepada profit yang akan diterima. Itu juga sebabnya penerbit dengan senang hati akan menerbitkan buku bila penulis bisa meyakinkan bahwa buku tersebut akan banyak dibeli. Pak Onno bahkan memiliki strategi di twitter. Beliau aktif berkomunikasi dengan followers-nya tentang buku yang akan digarap. Ujungnya, beliau akan menunjukkan hal tersebut kepada penerbit.
                Untuk genre buku yang paling diminati pasar adalah buku pelajaran anak SD. Marketnya sangat besar. Para penerbit berlomba menerbitkan jenis buku ini. Maka menurut Pak Onno, beruntunglah guru-guru SD, mereka sudah berada di dunia yang tepat. He..he..
                Selanjutnya bila sudah yakin buku kita akan disodorkan ke penerbit ada hal lain yang perlu kita perhatikan lagi :

  1. Penerbit tersebut lebih cenderung menerbitkan buku jenis apa, ini penting sebelum akhirnya buku kita ditolak karena tidak sesuai fashion mereka. 
  2.   Buat proposal yang meyakinkan, profil anda yang mencantumkan prestasi, testimoni, calon pembaca yang anda miliki, dan mungkin cover buku anda karena ada sebagian penerbit yang mau tinggal cetak saja.
  3. Sebagai penulis pemula usahakan jangan sampai 150 halaman karena itu akan berimbas ke biaya produksi dan harga jual.


Kembali kepada kegiatan menulis, beliau menyatakan penulis yang baik itu adalah “TAHU APA YANG DIBUTUH, TAHU JUGA BAGAIMANA MENYAMPAIKANNYA DI DALAM BUKU”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

DARI PTK KE MEDIA CETAK