MENEMUKAN IDE DALAM MENULIS DAN KOMITMEN MENULIS DI BLOG YAG MELAHIRKAN PERSONAL BRANDING
MENEMUKAN
IDE DALAM MENULIS DAN KOMITMEN MENULIS DI BLOG YAG MELAHIRKAN PERSONAL BRANDING
(Sebuah Resume)
Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yang bisa berujung pada
terbitnya sebuah tulisan
Kita bisa memulai dari hal yang biasa dilakukan oleh seorang yang baru
belajar menulis dan bisa berujung pada kebosanan
beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh seseorang yang belajar menulis
adalah
1. Ia menulis dengan menjadikan dirinya sebagai peran utama, ia sibuk
menceritakan dirinya sendiri. tulisannya bukan fokus pada bagaimana menuntaskan
pertanyaan atau sebuah solusi permasalahan
2. Tulisannya tidak dibaca ulang sebelum diposting. Tidak ada yang namanya
self checking
3. Tulisannya terlalu panjang dan mengandung banyak ide besar di dalamnya
3 hal diatas adalah hal yang mesti dihindari dalam konteks blog di internet
yang punya banyak keterbatasan
Demikian kutipan chat narasumber mengawali pertemuan perdana di kelas belajar
menulis gelombang 9. Tema sentralnya adalah memotivasi para peserta untuk
berani menulis dari hal-hal sederhana dalam kehidupannya untuk selanjutnya
memberi wadah blog sebagai sarana aktualisasi yang paling mudah dan murah.
Profil Pemateri
Agus Sampurno
(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators. (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012) The BOBs (Best of the Blogs) Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA.
Resume Materi
1. Ada 3 perspektif yang biasa
digunakan penulis; pertama, menjadikan dirinya sebagai objek sentral. Kedua,
menjadikan kelemahan pihak kedua sebagai
objek tanpa ada solusi yang konstruktif dan ketiga, menawarkan solusi
dalam tulisannya.
2. Barometer baik tidaknya
sebuah tulisan adalah banyak tidaknya orang yang membaca tulisan tersebut.
3. Untuk itu diperlukan strategi
agar pembaca mau betul-betul membaca tulisan kita. Diantara strategi tersebut
ialah dengan memberi judul yang menarik.
4. 5 Persuasive Words That
Controls Minds (Lima kata yang sangat efektif menarik minat baca orang bila
kata ini terkandung dalam judul tulisan) :
1. You
2. Free
3. New
4. Now
5. Secret
5. Contoh penggunaan kata-kata tersebut dalam judul :
1. 5 RAHASIA Menghindari Kesalahan
Dalam Memberikan Penugasan di Kelas
Pembelajaran Jarak Jauh.
- 2. Tips menjadikan ANDA sebagai guru yang disegani oleh siswa3. Cara BEBAS dari masalah saat mengajar kelas yang ribut4. Aplikasi BARU yang bisa anda gunakan saat mengajar online5. agaimana membuat kelas online anda efektif mulai dari SEKARANG
Komentar
Posting Komentar