FORMULA 4R UNTUK MENULIS



















FORMULA 4R UNTUK MENULIS


Setiap orang pasti ingin diingat dalam sejarah. Apa yang bisa kita lakukan untuk mencapai hal itu? Menulis, itu hal termudah yang bisa kita lakukan agar tetap tercatat dalam sejarah. Pikiran kita bisa kita tuangkan dalam buku.
Menerbitkan buku bersama penerbit besar adalah akibat dari tulisan yang baik. Maka jangan terpaku dengan penerbit mayor sebagai target utama. Namun biasakan menulis dengan baik. 

Renjana
Anda harus memiliki renjana atau passion yaitu sesuatu yang sangat anda sukai. Dari sini, anda akan tahu mau menulis apa dan apa genre tulisan anda nantinya. Passion ini akan sangat membantu anda dalam menulis. Menulislah dari rutinitas anda dan dari hal yang paling mudah.
Renjana juga akan memberikan dampak kepada pembaca, sesuatu yang ditulis dengan hati tentu akan sampai ke hati.


Rutin
Ada dua rutinitas yang harus anda lakukan bila ingin menjadi seorang penulis; rutin membaca dan rutin menulis. Dengan banyak membaca anda akan memiliki banyak ide dan kosakata untuk menulis. Terlebih memang secara ilmiah ada korelasi antara kegiatan membaca dangan menulis sama seperti mendengar dan berbicara. Maka muncul istilah; penulis yang baik adalah pembaca yang baik dan pembicara yang baik adalah pendengar yang baik.

Setelah anda rutin membaca, anda juga harus rutin menulis. Penulis-penulis besar umumnya memiliki waktu dan tempat yang khusus untuk menulis.Kembali, tulis apa saja yang ingin anda tulis. Biasakan juga tulis ide-ide yang muncul serta hal-hal yang bisa mendeskripsikan ide tersebut, sehingga saat mereview-nya anda tidak mengalami kesulitan. Jangan memendam tapi ungkapkan dan jangan menunggu tapi lakukan.

Review
Anda sudah menulis banyak hal, setelah itu tiba saatnya anda meriview tulisan anda. Kegiatan ini juga sangat membantu mengetahui pasar pembaca buku anda. Caranya anda meminta pihak lain yang akan menjadi pasar pembaca buku anda untuk meriview karya  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

DARI PTK KE MEDIA CETAK