Menciptakan Pola Belajar Yang Efektif Dari Rumah


Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 28           : Senin, 18 Mei  2020
Waktu                         : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri                    : Wijaya Kusumah, s.Pd., M.Pd. (Om Jay)
Topik                          : Menciptakan Pola Belajar Yang Efektif Dari Rumah
Peresume                  : Nanda Candra Kirana, S.Pd

COVID-19 sudah memberi banyak perubahan dalam pola hidup manusia saat ini. Seperti orang baru di dunia yang baru, banyak hal yang harus kita pelajari lagi sebagai bentuk adaptasi kita terhadap kondisi yang ada. 

Dunia pendidikan termasuk sektor yang sangat merasakan imbasnya. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dalam format tatap muka langsung berubah dengan menggunakan teknologi virtual.
Seperti yang biasa disebut para pakar, akan ada kesuilitan bagi kita menghadapi sesuatu yang baru. Semua merasakan hal itu; baik guru maupun siswa. Tantangan bagi kita saat ini adalah bagaimana menghadirkan pola pembelajaran virtual yang baik dan efesien sehingga menghasilkan output yang sesuai dengan harapan.

Hal pertama yang harus kita pastikan adalah bahwa dalam proses pembelajaran dari rumah; baik guru maupun siswa sama-sama senang. 

Pola Belajar yang Efektif dari Rumah

Pola
Pola menurut KBBI berarti sesuati sistem kerja. Sedangkan menurut Antropologi, pola berarti rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan bisa dipakai untuk contoh mendeskripsikan gejala itu.

Efektif
Memiliki pengertian suatu usaha yang bisa dilakukan secara maksimal untuk mencapai sesuatu.

Rumah
Adalah tempat tinggal yang didalamnya beragam aktifitas dilakukan

Maka kita bisa mendefenisikan bahwa pola pembelajaran efektif dari rumah adalah usaha yang kita lakukan secara maksimal dari tempat tinggal guna mencapai tujuan pembelajaran itu berdasarkan pada kenyamanan dan rasa senang.

Bila hal ini sudah bisa diwujudkan maka siswa akan dengan senang hati membuat jadwal kegiatan harian sebagai format yang akan dilaksanakan dengan senang hati. bila siswa sudah terbiasa menjalankan aktivitas yang dirancangnya sendiri maka akan tercipta kepribadian mandiri pada diri siswa.

Guru dan orangtua juga harus bekerjasama dalam proses pembelajaran dari rumah. Rumah harus dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

DARI PTK KE MEDIA CETAK