SIAPAPUN BISA JADI PENULIS KALAU MAU


Dr. H. IMRON ROSIDI, S.Pd., M.Pd. lahir, Surabaya, 10 Juni 1966. Pendidikan terakhir Pascasarjana S3 bahasa Indonesia. Hobi : Membaca, menulis, dan Pencak Silat. Prestasi yang pernah diraih:  Juara III Lomba Penulisan Buku tingkat nasional tahun 2004, Juara III Lomba Karya Ilmiah Jawa Timur tahun 2005, Juara II tingkat Nasional Lomba Keberhasilan Guru tahun 2006, Terpilih sebagai peserta pertukaran tokoh masyarakat Indonesia-Amerika 2006, Juara II  Lomba Penulisan Buku tingkat nasional tahun 2009, Penulis artikel terbaik versi majalah Media Jatim tahun 2010 dan 2011, Juara I Guru Prestasi Tingkat nasional tahun 2011, Juara I Guru Prestasi tingkat Jatim tahun 2011, Terpilih menjadi peserta kunjungan ke Australia tahun 2013, Juara Lomba Best Practice Tingkat Nasional tahun 2014, Juara 1 Menulis Legenda Pasuruan 2016, Instruktur Nasional Kepala Sekolah Kurikulum 2013 Tahun 2015, arasumber untuk Instruktur Nasional Kurikulum 2013 untuk guru, Narasumber penulisan buku tingkat nasional, Narasumber penyusunan PKB Guru dan KS, Penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius, Sidogiri Press, dll., Penulis artikel populer dalam majalah Media Jatim dan Radar Bromo serta artikel ilmiah pada beberapa Jurnal, Juri Lomba Guru Prestasi Tingkat Jawa Timur selama 4 tahun, Koordinator penilaian DUPAK Guru dan KS tingkat Jawa Timur.

Alamat Rumah : Jalan Kedondong Raya Blok i-9/16, Kelurahan Bugul Kidul Kota Pasuruan Provinsi Jawa Timur Telp. Rumah/HP  081210500199

SIAPAPUN BISA MENULIS, KALAU MAU

Kembali hari ini mendapat materi dari orang hebat, Dr H. Imron Rosidi, kepala sekolah dengan segudang prestasi. Kalimat pembuka yang menggugah dari beliau bahwa siapaun bisa menulis jika ia mau. Karena kemampuan itu akan didapat bila didasari kemauan. Selanjutnya karena berlatar belakang seorang pendidik, beliau mengarahkan agar setiap guru mau merubah pola pikir menjadi pribadi yang visioner, menajdi seorang guru yang juga seorang penulis.

Menulis itu adalah kegiatan menuangkan pikiran, gagasan dan persaan. Semua orang memiliki itu. Hanya saja ada dua alasan mengapa seseorang belum mulai menulis : Pewrtama, BELUM MENEMUKAN ALASAN MENGAPA HARUS MENULIS? Dan kedua, TIDAK ATAU BELUM TAHU BAGAIMANA CARA MENULIS?. Ada tujuh alasan mengapa anda harus menulis:

n  Identitas diri
n  Uang/royalti
n  Popularitas
n  Terpaksa (tugas
n  Berbagi inspirasi
n  Menyuarakan kebenaran
n  Sebarkan ilmu

Kedua alasan di atas dapat ditangani dengan 4 hal; mau, tekun, nekat dan baca. Kemauan akan menjadi energi penggerak bagi anda untuk memulai dan menyelesaikan. Tekun, menjadi kunci berikutnya. Seseorang yang sudah memiliki kemauan yang kuat seharusnya memilki kedisiplinan yang hebat untuk meraih apa yang ia mau. Menulis itu sebuah keterampilan maka perlu terusdiasah dan dilatih. Nekat, harus dimiliki seseorang yang memiliki visi yang akan dicapai. Tulis semua yang ingin anda tulis, jangan takut salah. Kesalahan dalam bertindak menjadi bukti bahwa kita sudah melakukan sesuatu, sebaliknya, seorang yang tidak punya kesalahan berarti orang tersebut tidak pernah melakukan sesuatu. 

Selanjutnya sebagai seorang penulis anda harus memberi vitamin pada diri anda. Apa vitamin bagi seorang penulis? Vitamin bagi seorang penulis adalah buku. Banyaklah membaca buku, karena dengan banyak membaca buku, anda akan memilki banyak ide dan kosa kata yang akan sangat membantu anda dalam melahirkan sebuah karya.

Apa yang ditulis ?
Anda bisa memulainya dengan menentukan buku apa yang ingin anda tulis:

  • BUKU PELAJARAN
  • ANTOLOGI CERPEN
  • ANTOLOGI PUISI
  • NOVEL
  • BUKU AGAMA
  • BUKU PENDIDIKAN
  • BUKU MOTIVASI
  • BUKU UMUM/REMAJA

Selanjutnya anda buat kerangka buku. Selanjutnay mulailah menulis, namun dalam menulis kalimat daalm buku anda, ada beberapa hal yang perlu dijadikan bahan acuan seperti berikut :


Bagaimana menerbitkan buku?
Ada tiga opsi yang bisa anda lakukan ketika akan menerbitkan buku anda. Memilih major publishing, self publishing atau jual putus. Anda bisa lihat detail serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing :

 

 

 



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODA DARING LAGI UNTUK KELAS 7 MTsN 1 LANGKAT

DARI PTK KE MEDIA CETAK